Mengenal Jenis Pakan Ikan

Berikut beberapa jenis pakan sesuai umur Ikan


1. Pakan starter D-0 (Dibaca nya pakan starter DE-enol)
Adalah pakan lele untuk lele yang baru berumur 1 minggu setelah menetas (Larva),Bentuknya seperti tepung halus,kandungan proteinnya tinggi. Hanya cocok untuk larva. Kalo untuk pembesaran jangan pakai pakan starter D-0 ini. Istilah yang sering dipakai di tukang Pakan adalah “Pelet Fengli ukuran D-0” / Fengli yang halus

2. Pakan starter D-1
yaitu pakan untuk ukuran lele yang berumur 2 minggu -+ 5mm. Betuk dari pakan ini adalah berupa tepung kasar mirip pasir. Pelet jenis ini juga biasanya digunakan untuk pakan larva lele,bukan untuk lele pembesaran. Merk yang ada dipasar umumnya Merk Fengli , ukuranya D1 atau ada juga yang menyebutnya Fengli yang kasar.

3. Pakan pf-1000 , pf-800
” PF” bukan sebuah merek. “PF” adalah sebuah kode untuk menyebutkan ukuran pakan. FP1000 itu artinya ukuran diameter nya adalah 1-2mm sedangkan pf-800 menunjukan kodeuntuk ukuran 0,8mm – 1mm. Pelet ini biasa digunakan untuk lele yng berukuran 1cm s/d 3cm.

4. Pakan 781
“781” Tujuh delapan satu adalah nama merk dagang yang dikeluarkan oleh PT.Central Pangan Pratiwi . pelet 781 udah sangat umum didapatkan di toko toko pakan.
Ada 3 jenis ukuran pelet yang dikeluarkan oleh perusahaannya :

781-1 (Dibaca : tujuh delapan satu min satu)
adalah pelet dengan diameter -+ 2 s/d 3 mm. Biasa digunakan untuk lele yang berukuran 3-5cm
781-2 (Dibaca : tujuh delapan satu min Dua)
adalah pelet dengan diameter -+ 3 s/d 4 mm. Biasa digunakan untuk benih lele yang berukuran 5 s/d konsumsi.
781 (Dibaca : tujuh delapan satu polos) adalah pelet dengan diameter -+ 5 s/d 6mm. Biasa digunakan untuk benih lele yang berukuran 7-8 s/d konsumsi / induk lele.

saya sendiri mulai mencoba pada Ikan Patin dikolam ukuran jari telunjuk orang dewasa,cocok pada jenis pakan 781-1

Semoga membantu
/mf

Post a Comment for "Mengenal Jenis Pakan Ikan"