Google Webmaster Tools dan Google Analytics

Ya, banyak diantara pemula yang bingung apa itu Google Webmaster Tools (GWT) dan apa itu Google Analytics (GA). Apakah keduanya sama atau berbeda? Bahkan, ada yang sama sekali belum paham apa itu Google Webmaster Tools dan Google Analytics.

 

 

 

 

  1. Crawl: Bagaimana mesin pencari melihat isi dalam sebuah website (melakukan crawl/penelusuran ke semua yang ada di mesin website). Crawl/penelusuran merupakan sebutan dari tingkah laku mesin pencari ketika membaca konten yang ada di sebuah website. Jadi, melalui fitur Crawling ini, kita dapat mengatur bagaimana Google melakukan penelusuran terhadap website kita.
  2. Link: Selain pemilik website dapat mengetahui jumlah link yang ada di websitenya, Google Webmaster Tools juga akan memberikan informasi apakah semua link (baik internal link ataupun eksternal link) yang ada di sebuah website masih berjalan baik atau tidak, sehingga pemilik website akan dapat segera memperbaiki jika terdeteksi adanya kesalahan.
  3. Configuration: GWT ini juga akan memberi informasi penting seputar website kepada pemiliknya seperti sitemaps, target pengunjung, dan Pengaturan URL (configuration). Semua ini sangat erat kaitannya dengan upaya pemenangan Search Engine Optimization (SEO).
  4. Diagnostic problems: GWT akan menginformasikan kepada pemiliknya jika website tersebut terindikasi adanya infeksi malware. Dalam hal ini, pemilik website akan mendapatkan informasi mengenai apa-apa saja yang perlu diperbaiki pada website, agar website tersebut tidak diblokir oleh Google. Selain itu, GWT ini juga dapat menunjukkan kesalahan HTML seperti duplicate meta, long description meta, dan lain – lain.
  1. Visitors: Menu Visitor memperlihatkan informasi dengan lebih detail tentang berapa banyak pengunjung website dalam sehari, jumlah pengunjung unique, jumlah pengunjung bounce (pengunjung yang datang lalu pergi), dan lain sebagainya. Pemilik website juga dapat mengetahui data dari mana pengunjung yang datang ke websitenya.
  2. Traffic: Pemilik website bisa mengukur kata kunci apa saja yang paling banyak digunakan oleh pengunjung yang mengunjungi website. Dari data tersebut, dapat dibuat strategi yang diperlukan seperti digunakan untuk membuat materi promosi.
  3. Habit: Pada fitur ini, pemilik / pengelola website dapat mengamati kebiasaan pengunjung website. Misalnya ketika ada pengunjung yang masuk ke salah satu halaman website, maka pengunjung tersebut akan membuka halaman apa lagi?
  4. In-Page: Fitur ini memiliki fungsi untuk mengetahui berapa persentase halaman dari website yang paling sering dibuka dan berapa persentase link yang diklik. Hal ini sangat berguna dalam membuat konten yang user dan SEO friendly agar pengunjung yang datang ke website bisa terarah sesuai yang diinginkan. Saat ini sudah ada fitur live report di dalamnya. Jadi pemilik website bisa mengetahui pengunjung website Anda secara real time.

 

. Google Webmasters Tools

Di dalam Google Webmasters Tools terdapat banyak fitur yang dapat digunakan untuk  melakukan beberapa maintenance terhadap website Anda. Seperti: Bagaimana search engine melihat web Anda, Apakah upaya SEO anda sudah benar, Apakah website anda sudah aman dari malware, dan berbagai macam performa website, semisal dari sisi server. Beberapa fitur yang terdapat di dalam Google Webmaster di antaranya:
Crawling
Istilah crawl sendiri merupakan sebutan dari tingkah laku mesin pencari ketika membaca konten website anda. Jadi melalui fitur Crawling, anda dapat mengatur bagaimana Google melakukan crawl terhadap website anda. Di sini anda dapat memberikan informasi kepada Google mengenai halaman mana yang  boleh/tidak boleh dimasukkan dalam daftar pencarian Google.
Links
Melalui fitur ini, anda bisa mendapatkan informasi mengenai jumlah link internal dan eksternal yang anda pasang dan apakah di antaranya ada link-link broken yang harus segera diganti / diperbaiki.
Configuration
Configuration mampu memberi informasi penting seputar website Anda seperti sitemaps, target pengunjung, dan setting URL. Semuanya sangat erat kaitannya dengan upaya SEO anda.
Diagnostic problems
Webmaster Tools mampu mengirimkan pemberitahuan jika website Anda terindikasi oleh infeksi malware. Di sini, anda bisa mendapatkan informasi mengenai apa-apa saja yang perlu diperbaiki pada website Anda agar situs Anda tidak diblokir oleh Google. Selain itu, dia juga dapat menunjukkan kesalahan HTML seperti duplicate meta, long description meta, dan lain – lain.

2. Google Analytics

Google Analytic sama seperti Google Webmaster Tools. Sama – sama gratis. Namun jika menyangkut fungsi, dia benar-benar jauh berbeda. Google Analytic mampu memberikan informasi tentang kebiasaan dari pengunjung website Anda. Informasi ini berguna untuk menentukan langkah apa yang harus Anda ambil selanjutnya. Misalnya membuat rencana promosi, rancangan tampilan website anda, dlsb. Beberapa fitur Google Analytics di antaranya:
Visitors
Melalui menu Visitor, anda bisa mendapatkan informasi dengan lebih detail tentang berapa banyak pengunjung dalam sehari, jumlah pengunjung unique, jumlah pengunjung bounce (pengunjung yang datang lalu pergi), dlsb. Anda juga bisa mendapatkan data dari mana pengunjung yang datang ke website Anda.
Traffic
Anda bisa mengukur kata kunci apa saja yang paling banyak mendatangkan pengunjung. Kemudian membuat strategi yang diperlukan. Misal jika membuat sebuah promo, dengan fitur ini kita bisa menganalisa seberapa efektif promo yang kita lakukan.
Habit
Di sini, anda bisa mengamati kebiasaan pengunjung website Anda. Misalnya ketika ada pengunjung yang masuk ke salah satu halaman website Anda, maka pengunjung tersebut akan membuka halaman apa lagi? Lalu pada hari atau jam – jam berapa traffic website Anda akan meningkat. Saya rasa, di sini anda sudah terbayang kegunaan apa saja yang dapat anda lakukan dengan fitur ini.
In-Page
Di sini, Anda dapat mengetahui berapa prosentase halaman dari website yang sering dibuka dan berapa prosentase link yang diklik. Hal ini sangat berguna dalam membuat content yang friendly agar pengunjung yang datang ke website anda bisa terarah sesuai yang diinginkan. FYI, saat ini sudah ada fitur live report di dalamnya. Jadi Anda bisa mengetahui pengunjung website Anda secara real time.


Google WebMaster Tool.
Dimana WebMaster bagaimana situs website Anda dilihat di search engine dapat dilihat dari sudut pandang robot di Google . WebMaster Tool ini merupakan tool gratis dari Google yang memiliki fitur yang dapat melakukan perbaikan pada sebuah website seperti:
  • Crawling, dengan crawling Anda dapat mengetahui bagaimana Google memperlakukan crawl terhadap website yang Anda buat, melaui page ini Anda dapat memberikan informasi terhadap Google tentang page mana yang Anda ingin tampilkan ke search engine.
  • Link, di fitur ini Anda dapat memperoleh informasi  mengenai berapa jumlah link internal maupun eksternal yang ada di website Anda. Anda juga langsung bisa memperbaiki link tersebut jika mengalami kesalahan.
  • Confiiguration, Anda dapat memberi informasi penting tentang sitemaps, target pengunjung, pengaturan URL. Semua itu berkaitan erat dengan SEO.
  • Diagnostic Problems, Di fitur ini Anda dapat memberikan pemberitahuan kepada search engine apabile webiste Anda terindikasi oleh malware. Disini lah Anda informasi mengenai apa saja yang perlu diperbaiki di website Anda yang terinfeksi dengan malware.
Google Analytics.
Meskipun ada yang berbayar, tapi ada juga Google Analytics yang gratis. Dan terdapat fungsi/manfaat yang sangat berbeda dengan WebMaster. Google Analytics mampu memberikan informasi tentang kebiasaan sehari-hari pengunjung berselancar di website Anda. Informasi ini dapat digunakan untuk mem-planing langkah apa saja yang harus diambil selanjutnya. Fitur-fitur yang tersedia di Google Analytics:
  • Visitor(Pengunjung), dengan tool ini Anda dapat memdapatkan informasi tentang secara detail jumlah pengunjung yang mampir ke website Anda.
  • Traffic, Anda bisa mengukur keyword apa saja yang paling populer digunakan oleh pengunjung. Dara informasi yang Anda dapatkan itu, Anda bisa mem-planign keyword yang diperlukan sebagai materi promosi.
  • Habit, website Anda dapat mengamati kebiasaan pengunjung yang berselancar di webiste Anda.
  • In-page, Anda dapat mengetahui persentase halaman dari page yang sering dibuka oleh para pengunjung website Anda dan juga link yang sering di klik oleh pengunjung. Saat ini sudah ada fitur live report di dalamnya.

Post a Comment for "Google Webmaster Tools dan Google Analytics"